Pendahuluan
Hai sobat, kali ini saya akan berbagi tentang 5 sistem permesinan yang ada di kapal. Perlu diketahui, 5 sistem berikut ini merupakan sesuatu yang penting karena akan sangat membantu mesin utama dalam menjalankan kapalPembahasan
1. Air Starting System ( Sistem Udara Pejalan )Disebut juga Sistem udara pejalan. Yaitu sebuah sistem penghidupan mesin pertama kali yang dihidupkan menggunakan uap panas yang berasal dari air compressor. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca selengkapnya > Air Startng System
2. Fuel Oil System ( Sistem Bahan Bakar )
Disebut juga sebagai sistem bahan bakar. Sebuah sistem dimana bahan bakar akan di proses dan disiapkan untuk kelangsungan berjalannya mesin. Bahan bakar juga memiliki banyak jenis, dan cara kerjanya dapat dibaca selengkapnya > Fuel Oil System
3. Lubricating System ( Sistem Pelumasan )
Pada sistem ini, akan memengaruhi umur sebuah komponen. Karena dengan pelumasan, mesin dapat menjadi lebih dingin, lebih bersih dan lebih baik. Sistem pelumasan juga berperan menjaga mesin dan komponen dari kerusakan. Minyak lumas ( oli ) berperan penting dalam sistem pelumasan ini. Jadi, kebersihan dan kemurnian minyak lumas kita usahakan untuk selalu dalam kondisi bersih. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja minyak lumas dapat dibaca selengkapnya > Lubricating system
4. Cooling System ( Sistem Pendinginan )
Merupakan sebuah sistem yang bekerja agar kondisi mesin tetap dingin dan tidak overheat. Singkatnya, sistem pendinginan dibagi menjadi dua, pendinginan tertutup dan sistem pendinginan terbuka. Untuk sistem pendinginan tertutup, menggunakan air tawar sebagai media nya dan sistem pendinginan terbuka menggunakan air laut sebagai medianya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja dan penjelasan lainnya tentang sistem pendinginan ( Cooling System ) dapat dibaca selengkapnya : Cooling System
5. Exhaust Gas System ( Sistem Gas Buang )
Gas buang merupakan hasil dari pembakaran yang terjadi di dalam silinder mesin yang melakukan usaha kerjanya torak ( piston ) yang telah menghasilkan tenaga. Sistem gas buang dibagi menjadi dua, yaitu sistem denyut dan sistem tekanan tetap. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja dan penjelasan lainnya dapat dibaca selengkapnya > Exhaust gas System
Penutup
Sekian yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk sobat. Terimakasih telah berkunjung.Wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh
No comments